24
Apr

Oli Mudah Berkurang, Akibat Mesin Skutik Panas?

Post Via : Federal Oil Team, Views : 21301

Banyak anggapan, berkurangnya volume oli mesin sepeda motor khususnya jenis matik disebabkan karena terjadi kebocoran di ruang mesin. Pendapat ini memang bisa saja terjadi. Namun, ada faktor lain yang menyebabkan pelumas jadi berkurang.
skutik, konstruksi mesin skutik, skutik cepat panas, alasan skutik cepat panas
Penyebab suhu mesin skutik cepat panas

Dilihat dari bentuk dan desainnya, skutik memiliki perbedaan dengan sepeda motor kebanyakan. Guna memberikan kenyamanan bagi pengendara skutik, pabrikan menyediakan dek untuk pijakan kaki. Selain itu, posisi mesin skutik juga diposisikan berbeda dengan motor lainnya dan berada tepat di belakang kaki.

"Konstruksi mesin matik terbungkus jadi minim pendinginan udaranya. Suhu cenderung lebih panas dari motor jenis lain sehingga panas dari mesin tidak terbuang secara sempurna," buka Priyo Aripurwadi, Technology, Engineering, R&D Director PT Federal Karyatama.

Sebenarnya produsen skutik telah mengatasinya dengan menyediakan lubang udara dan mengaplikasi dua sistem pendingin air cooled dan water cooled. Skutik yang menggunakan air cooled (menggunakan kipas) bisa ditemui pada Yamaha Mio. Sementara, Skutik yang dilengkapi water cooled (memakai radiator) dapat dilihat pada Honda Vario Techno 125.
kesalahan memilih bbm, mengisi bahan bakar, memililh bensin yang tepat
Kesalahan memilih BBM yang ditentukan pabrikan

Meski begitu, Priyo mengungkap ada faktor lain yang menyebabkan oli berkurang. Salah satunya adalah kesalahan dari pemilik skutik dalam pemilihan bahan bakar yang ditentukan oleh pihak pabrikan.

"Pemilihan bahan bakar yang tidak tepat, misalnya sebuah motor diharuskan menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan tertentu lalu diisi dengan BBM yang memiliki oktan lebih rendah (contoh : seharusnya menggunakan BBM Pertamax (oktan 92) diganti dengan Premium (oktan 88)," Jelas pria ramah ini.
Federal oil, produk federal oil, federal matic, federal matic 30, federal matic 40
Lebih lanjut Priyo memaparkan hal tersebut mengakibatkan ketidaksempurnaan pembakaran. "Kondisi ini menimbulkan panas pada mesin dan menyebabkan oli menguap," tuturnya.

Untuk itu diperlukan sebuah pelumas berkualitas dan minim penguapan. Federal Oil adalah salah satu produk pelumas dalam negeri yang telah melakoni proses tes penguapan pada suhu tertinggi mencapai 250 derajat celcius.

Selain itu, spesifikasi produk Federal Oil seperti Federal Matic Series yang dibuat khusus untuk skutik telah menggunakan Heat Protection Formula. Zat aditif ini memberikan keuntungan menjadikan mesin lebih dingin.

Tak hanya itu, spesifikasi produk Federal Oil juga telah memenuhi standar internasional. Bisa dilihat dari Federal Matic Flick 30 dan Flick 40 (lihat spesifikasi disini).

Promotion

[ x ] Close