DETAIL NEWS

Hasil Uji Federal Oil SAE 10W-40, Lebih Adem dan Minim Penguapan

Date : 28 Sep 2012 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 5541

Uji ketahanan Federal Oil Jawa-Bali akhirnya mencapai garis finish di Denpasar Bali pada hari Jumat lalu (14/10). Hasilnya pengetesannya pun sudah dirilis oleh PT Federal Karyatama (FK), produsen Federal Oil. Yuk kita lihat hasilnya.

Sepanjang perjalanan yang ternyata lebih dari 1.600 kilometer ini, PT FK menyiapkan masing-masing dua buah Yamaha V-Ixion, New Jupiter Z dan Mio. Setengah diisi oli standar dari Yamaha dan lainnya diisi dengan Federal Oil Flick 40 dan Evotec 40. 

Oiya, Federal Oil Flick 40 dan Evotec 40 yang kali ini di tes memiliki kekentalan SAE 10W-40 yang khusus dibuat untuk sepeda motor Yamaha. Hasilnya dibagi dalam beberapa parameter yakni suhu oli selama perjalanan, konsumsi bahan bakar dan tingkat penguapan oli.

Suhu oli



Suhu oli dicatat di setiap perhentian check point secara berkala dengan menggunakan termometer yang dilangsung mengukur panas oli. Hampir di seluruh check point motor dengan Federal Oil menunjukkan angka yang lebih rendah. 

Bedanya bisa 1 sampai 13 derajat celcius. Seperti ketika melintasi Pasuruan, suhu oli Yamaha Mio dengan oli standar mencapai 114 derajat celcius. Sedang motor yang sama dengan Federal Oil hanya 101 derajat celcius.

 

Tingkat Penguapan Oli

Sepanjang perjalanan, panitia dari PT FK tidak menginginkan adanya penambahan oli. Hasilnya memang terwujud, motor dengan Federal Oil memang tidak menambah oli.

Tapi dua motor dengan oli pabrikan yakni Mio dan New Jupiter Z terpaksa harus tambah oli karena sudah berada di batas minimum ketika berhenti di check point Surabaya. Yamaha Mio akhirnya mendapat tambahan oli sebanyak 100 cc dan New Jupiter Z sebanyak 200cc.

Tingkat penguapan Federal Oil pada Mio dan New Jupiter Z hanya 13 persen. Sedang V-Ixion cuma 3 persen. Tapi penguapan oli standar bawaan motor mencapai 25 persen dan 38 persen untuk Mio dan New Jupiter Z. Sedang V-Ixion mencapai 5 persen. Penguapan Federal Oil diklaim lebih rendah! 

 

Konsumsi Bahan Bakar

Untuk konsumsi bensin ketiga motor Yamaha yang menggunakan Federal Oil seringkali lebih irit. Selisih paling kentara terjadi di New Jupiter Z selisih 2,2 liter dalam menempuh Jakarta-Bali. New Jupiter Z dengan Federal Oil Evotec 40 menghabiskan 39,8 liter bahan bakar sedangkan New Jupiter Z dengan oli bawaan pabrik membutuhkan 42 liter selama perjalanan. (motorplus-online.com)
 

Ingin Hadiah 1 Miliar? Klik di sini